Saat Si Kecil “Ogah” Sekolah

Bagaimana bila anak tidak sakit yang seharusnya pergi kesekolah tiba tiba menjadi sering bangun kesiangan, malas belajar,tidak mau mengerjakan PR,membolos ditengah pelajaran. Hal ini dibisa diindikasikan si anak mulai malas sekolah, sebaikanya jangan langsung memarahi atau menyimpulkan masalah sendiri berdasarkan asumsi. Sebeb jiwa anak tergolong sensitive tentu ada beberapa sebab kenapa anak tidak mau masuk sekolah.

Pertama, anak merasa takut,terancam, atau trauma dengan suatu hal disekola,teman teman yang nakal dan anak yang tidak bisa membela dirinya sendiri. Bisa juga guru yang terlalu galak dan kurang tepat dalam menangani anak.bisa juga anak tidaak dapat memahami pelajaran dan mendapat nilai buruk, si anak juga tidak mau mengungkapkan kepada anda.

Kedua, anak ingin mencari perhatian. Kondisi seperti bisa terjadi apabila anak merasa tidak diperhatikan ataupun dikucilkan keluarganya. Akibatnya anak suka membolos agar lebih diperhatikan guru,teman-teman dan orang tuanya. Namanya juga anak,terkadang ia tidak berpikir panjang akan efek dari tindakanya.

Ketiga, anak terlalu banyak mengikuti kegiatan dan les. Sebenarnya les pelajaran dan hobi mamang baik untuk anak kerena bisa membantu mendongkrak prestasi anak di sekolah. Namun terlalmu banyak les membuat anak kelelahan secara fisik dan mempengaruhi kondisi psikologisnya dan efeknya anak jadi malas kesekolah.

Keempat, jarak tempuh sekolah dengan tempat tinggal yang terlalu jauh menyebabkan anak sering kelelahan dan bosan di perjalanan, karena alasan ingin mendapatkan sekolah yang berkualitas kadang kala orang tua tak segan segan menyekolahkan anak di sekolah yang terpandang meskipun jaraknya jauh.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh