Kala Teknologi Mendominasi Hubungan komunikasi di Dalam Keluarga

Ada yang mengatakan berkat tekonologi salah satu nya ponsel menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh, kita bisa kapan saja berhubungan dengan seseorang dimana saja dan kapan saja dalam waktu yang singkat . Tak bisa dipungkiri,berkat teknologi, segala hal terasa lebih mudah. Hidup kian praktis,efektif, dan nyaman. Belum lagi dengan segala kemudahnyang diberikannya, membuat hidup terasa hambar tanpa kehadiran teknologi.
Berbanding terbalik dengan hubungan antar keluarga menjadi sangat jauh dan sulit berkomunikasi. Banyak orang tua yang mengeluhkan sulitnya berkomunikasi dangan buah hati Padahal setelah lelah bekerja seharian sebagai orang tua tentu ingin mengetahi banyak hal tentang kegiatan sekolah,pelajaran kejadian apa saja di sekolah yang mereka hadapi akan tetapi kerena sang anak asik dengan gadget ataupun televisi. Padahal waktu untuk berkomunikasi dengan sang buah hati sesuatu hal yang sangat dinantikan oleh orang tua.
Begitu pula sebaliknya orang tua pun kadang kala tidak dapat dipisahkan dengan smart phone miliknya sehingga kemana pun ia berpergian, kedua jarinya terlihat lincah memencet tombol tombol keyboard bahkan asik berbicara dengan sesamanya dan tidak mendengar bila sang buah mengajak berbicara dengannya. Akibatnya tak hanya sekali sang buah hati tidak mendapat perhatian dari bundanya,karena sang bunda selalu asik dengan gadget miliknya.
Apakah dengan adanya persoalan tersebut diatas, apakah kita harus menyingkirkan segala hal yang berbau teknlogi dari kehidupan kita sehari hari. Tentu tidak mungkin hal itu kita lakukan yang perlu ditekankan disini adalah memperhatikan porsi pemakaiannya. segala sesuatu yang berlebihan pasti negative. Sebaiknya kita memberi batasan waktu anak dalam bermain game, menonton televisi, atau gadget lainya. misalnya, hanya waktu 3-5 sore lalu bersiap mandi dan belajar. Atau hanya pada week end atau hari libur mereka boleh mengunakan internet yang tentunya dibawah pengawasan orang tua.
Dengan adanya batasan seperti itu akan memberikan efek yang positif buat anak untuk melakukan aktivitas dan permainan yang lebih banyak mengunakan phisik. Hal ini sekaligus mencegah anak mengalami obesitas akibat kurangnya mengolah tubuh.
Sebaliknya sebagai orang tua kita harus berdisiplin diri dalam hal membatasi pemakaian ponsel. Jauhkan ponsel dari jangkauan kita bila kita sedang bermain dengan anak.Beri perhatian penuh dengan anak dan luangkan waktu secara total ketika sudah sampai dirumah. Beri batasan pada diri kita hanya akan menjawab pesan pesan yang penting dan hal hal yang bersifat remeh kita tangguhkan sampai anak tertidur. Ponsel merupakan salah satu barang yang wajib kita miliki dan kita pun tidak ingin merenggangkan ikatan hubungan keluarga. Karena istilah ponsel mendekatkan yang jauh dan menjauhkan tidak akan di implementasikan di keluarga anda.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh